Pteranodon

 

Dinosaurus yang bisa terbang juga umumnya cukup populer. Salah satu yang paling terkenal adalah Pteranodon. Secara teknis, sebenarnya mereka tidak termasuk dinosaurus, melainkan hewan dari keluarga Pterosauria, reptil terbang kerabat dekat dinosaurus. Umumnya, mereka dianggap sebagai bagian dari dinosaurus juga.

Pterodon dan Pterodactyl. Sebagai anggota Pterosaurus, pterodactyl yang juga merupakan nama lain dari Pterodactylus atau Pteranodon memang memiliki sejumlah perbedaan dari dinosaurus pada umumnya. Salah satu perbedaanya terletak pada wujud fisik dengan anggota badan yang menonjol pada bagian samping. Adanya anggota badan yang menonjol di bagian samping ada ciri-ciri dari hewan udara.

Pterodactyl, hewan bersayap yang hidup jutaan tahun lalu sudah sangat dikenal. Kamu juga sudah tahu ya dari film. Pterodactyl juga kerap dianggap sebagai salah satu jenis dinosaurus, meski sebenarnya secara ilmiah mereka tidak termasuk bagian dari dinosaurus.

Pteranodon berhabitat di kawasan yang sekarang menjadi Amerika Utara. Bentang sayap mereka mencapai 6 meter dan beratnya bisa mencapai 36 kg. Mereka tidak memiliki gigi sehingga mereka memakan mangsanya yaitu ikan dengan cara langsung menelannya.


Kumpulan Pterosaurus
Beda-beda ya?

 
Rupa-rupa bentuk kepala Pterosaurus

Keluarga Pterodon dan lainnya